BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sebagai siswa SMA
Negeri Banyumas, memilih jurusan IPA ataupun IPS merupakan suatu kewajiban.
Dimana dalam memilih jurusan tersebut siswa pasti memiliki banyak pertimbangan
tentang berbagai konsekuensi yang akan dihadapi jika mengambil jurusan IPA
maupun IPS.
Akan tetapi, penulis
merasa ada kejanggalan dimana dalam dua pilihan itu terjadi ketidakseimbangan
yang begitu menyolok. Yaitu ketika kita dihadapkan dengan fakta bahwa peminat
jurusan IPA jauh lebih banyak dibandingkan dengan peminat jurusan IPS. Hal ini
menggugah rasa ingin tahu penulis untuk meneliti kasus tersebut.
B.
Rumusan Masalah
Dari rumusan di atas,
maka perumusan masalah yang peneliti angkat adalah: “Apa alasan siswa SMA
Negeri Banyumas kelas XI IPA tahun ajaran 2012/2013 memilih jurusan IPA?”
C.
Hipotesis Penelitian
·
H0 :
Tidak adanya pengaruh antara hubungan tersedianya jumlah jurusan di PTN dengan
minat siswa masuk jurusan IPA
·
H1 :
Adanya pengaruh antara hubungan tersedianya jumlah jurusan di PTN dengan minat
siswa masuk jurusan IPA
D.
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat tingkat minat siswa
memasuki jurusan IPA terhadap jumlah
jurusan di PTN.
E.
Manfaat Penelitian
1.
Mengetahui
alasan siswa memasuki jurusan IPA.
2.
Mengetahui
tingkat minat siswa terhadap jurusannya.
3.
Mengetahui
prospek masa depan siswa terhadap diterimanya di PTN.
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Tinjauan Pustaka
Setelah melakukan pebelajaran selama 2 semester,
siswa diharuskan memilih antara jurusan IPA atau IPS untuk melanjutkan pembelajarannya
di kelas XI sampai dengan kelas XII. Adapun mata pelajaran pokok di jurusan IPA
meliputi : Biologi, Fisika, Kimia, dan Matemtika. Sedangkan mata pelajaran pokok
di jurusan IPS meliputi : Sosiologi, Geografi, Ekonomi, danSejarah.
B.
Kerangka Pemikiran dan Anggapan Dasar
Setelah melakukan analisis terhadap perumusan masalah, penulis menarik anggapan dasar yang didapat dari mendengar
dan menduga alasan siswa lebih memilih masuk jurusan IPA karena:
1. Gengsi jika harus
masuk
IPS.
2. Kehendak orang
tua.
3. Jumlah jurusan di PTN akan lebih luas.
4. Ajakan teman / pacar.
5. Memang menyukai mata pelajaran IPA.
6. Jumlah pendidik jurusan IPA lebih banyak.
7. Alasan lain.
C.
Hipotesa
Hipotesis yang penulis simpulkan pada laporan ini adalah karena tuntutan orang tua. Sebagian besar orang tua berharap anaknya dapat masuk jurusan IPA agar mereka lebih terjamin masa depannya.
Anggapan ini seperti
sudah menjadi paradigma lama. Padahal, siswa berhak
memilih jurusan sesuai dengan passion
mereka masing-masing.
BAB III
METODOLOGI
A.
Tempat dan Waktu Penelitian
Dalam
melaksanakan penelitian ini kami melakukannya di lingkungan SMA Negeri Banyumas. Alasan dipilihnya SMA Negeri Banyumas terutama kalangan XII adalah karena terbatasnya waktu.
Penelitian ini kami lakukan selama 6 Februari 2014, sampai dengan 15 Maret 2014. Adapun penyebab terhambatnya proses
penelitian ini dikarenakan terbenturnya jadwal pembelajaran dengan jadwal Try Out dan Ulangan Tengah Semester.
B.
Bentuk dan Strategi Penelitian
Dalam
melakukan penelitian terhadap peminatan jurusan IPA, penulis menggunakan teknik
Random Sampling dengan cara menyebarkan angket untuk diisi oleh responden.
Responden sasaran kami adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri Banyumas.
Akan tetapi karena beberapa kendala waktu dan teknis, angket yang dapat
terkumpul hanya 2 yaitu dari XII IPA 1 dan XII IPA 4.
C.
Sumber Data
Sumber
data berupa angket yang kami sebarkan kepada semua siswa kelas XII IPA SMA
Negeri Banyumas.
D.
Teknik Sampling
Sampel adalah sebagian data yang
diteliti namun sudah mencakup seluruh data yang ada pada bahan dan rencana
penelitian. Pada konteks ini, teknik sampling
yang penulis terapkan adalah teknik random sampling.
E.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data menggunakan angket.Metode ini kami lakukan karena
jangka waktu yang kami miliki dalam proses pembuatan laporan ini terbatas
sehingga kami harus menggunakan angket untuk mempermudah dan mempercepat proses
pengumpulan data kami.
Metode ini kami lakukan dengan cara
mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden dengan menyertakan opsi pada
setiap pertanyaannya.
F.
Prosedur Penelitian
Dalam
melakukan penulisan laporan penelitian ini, penulis menggunakan prosedur
penelitian sebagai berikut :
1.
Menentukan
masalah yang akan diteliti.
2.
Studi
pendahuluan.
3.
Merumuskan suatu
masalah.
4.
Merumuskan
anggapan dasar.
5.
Pendekatan penelitian.
a.
Pendekatan
kuantitatif
6.
Menentukan
variabel dan sumber data.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
A.
Penyajian Data
Data
kami peroleh dari hasil menyebar angket. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut
:
No.
|
Alasan
|
Jumlah Siswa
|
|
XII IPA 1
|
XII IPA 4
|
||
1
|
Gengsi
|
-
|
-
|
2
|
Kehendak
orang tua
|
6
|
11
|
3
|
Jumlah
PTN yang tersedia
|
12
|
13
|
4
|
Ajakan
teman/pacar
|
3
|
-
|
5
|
Bisa
lintas jurusan di PTN
|
3
|
1
|
6
|
Menyukai
mapel IPA
|
10
|
7
|
7
|
Jumlah
pendidik lebih banyak
|
-
|
-
|
8
|
Alasan
lainya
|
-
|
-
|
Total
|
34
|
32
|
B.
Pembahasan Hasil Penelitian
Berdasarkan paparan data hasil pengisian angket oleh
responden, dapat diketahui bahwa hipotesa penulis pada BAB II belum tepat
karena alasan siswa masuk jurusan IPA sebagian besar bukan karena tuntutan
orang tua, melainkan karena tersedianya jumlah jurusan di Perguruan Tinggi
Negeri (PTN) lebih banyak dari IPA. Hal itu terlihat jelas pada kedua kelas
yang dijadikan sampel. Baik XII IPA 1 maupun XII IPA 4, masing-masing beralasan
masuk jurusan IPA karena peluang masuk PTN akan lebih mudah jika mereka berasal
dari jurusan IPA, sedangkan tuntutan orang tua hanyalah faktor pendukung.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari berbagai faktor penyebab siswa lebih memilih
masuk jurusan IPA daripada IPS, dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor utama
yang menyebabkan tingkat minat siswa masuk IPA lebih tinggi karena tersedianya
jumlah jurusan di PTN yang sebagian besar berasal dari jurusan IPA.
B.
Saran
Agar terjadi keseimbangan jumlah peminat jurusan IPA
dan IPS, sebaiknya siswa diberi pengarahan dan pengetahuan lebih tentang
berbagai macam jurusan di PTN yang bisa diambil dengan jurusan yang ada.
Terutama untuk jurusan IPS yang semakin lama peminatnya semakin sedikit.
DAFTAR PUSTAKA
T. Priyono. 2013. SOSIOLOGI Untuk SMA/MA Kelas XII. Sidoarjo
: Masmedia.
http://luckysanov.blogspot.com/2013/04/contoh-hasil-penelitian-sosiologi.html , diunduh 5 Februari 2014
http://infosos.wordpress.com/2013/03/06/contoh-laporan-penelitian-sosial/ , diunduh 5 Februari 2014
http://sosiologyeducation.blogspot.com/2013/01/penelitian-sosial.html , diunduh 9 Maret 2014
LAMPIRAN
A. Tabel
LATAR BELAKANG SISWA MEMILIH JURUSAN IPA
No.
|
Alasan
|
Jumlah Siswa
|
|
XII IPA 1
|
XII IPA 4
|
||
1
|
Gengsi
|
-
|
-
|
2
|
Kehendak
orang tua
|
6
|
11
|
3
|
Jumlah
PTN yang tersedia
|
12
|
13
|
4
|
Ajakan
teman/pacar
|
3
|
-
|
5
|
Bisa
lintas jurusan di PTN
|
3
|
1
|
6
|
Menyukai
mapel IPA
|
10
|
7
|
7
|
Jumlah
pendidik lebih banyak
|
-
|
-
|
8
|
Alasan
lainya
|
-
|
-
|
Total
|
34
|
32
|
B.
Foto / Gambar Dokumentasi Kegiatan
izin kopas dek..
BalasHapusmonggo.. :)
Hapus