Kamis, 09 Juni 2016

Understanding Social Media and Internet

Sosial media hadir disaat internet mulai berkembang dan menyentuh seluruh elemen masyarakat. Sosial media pada dasarnya merupakan sebuah web berbasis aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat saling berinteraksi kapan pun, di mana pun, dan dengan siapa pun secara cepat dan mudah. Perkembangan sosial media sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia, semua orang kini dapat berbicara dengan tanpa ragu. Mereka yang terlihat pemalu kini mulai berani untuk terbuka dan berbagi cerita lewat tulisan, foto, atau bahkan video. Ada banyak aplikasi yang mendukung semua itu.
Internet (Interconnection-Networking) :
Pada awalnya internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), internet dibentuk untuk tujuan militer. Kini, komputer di seluruh dunia dapat saling terhubung dengan adanya internet. Internet juga bisa digunakan dalam perangkat mobile yang lain seperti HP (smartphone), Tablet, Smartwatch, dsb.

Jumlah penduduk dan pengguna Internet di Indonesia :



Apa yang terjadi di internet setiap menitnya ialah:

http://www.businessinsider.co.id/15-things-that-happen-on-the-internet-every-minute-2016-2/?r=US&IR=T#.V1liPfl97IU 

Fakta statistik tentang media sosial (data tahun 2013) :
1.     Ada lebih dari 1 miliar pengguna Facebook.
2.     Jika Facebook diumpamakan sebagai negara, maka akan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-3 di dunia dan 2x populasi Amerika Serikat.
3.     Lebih dari 50% penduduk dunia berusia di bawah 30 tahun.
4.     Setiap hari, 20% pencarian di Google belum pernah dicari sebelumnya.
5.     Selebihnya dapat diakses di  http://socialnomics.net/2013/01/01/social-media-video-2013/

Fungsi-fungsi Internet :
·       Mediating technology (teknologi mediasi), dapat menjembatani dua belah pihak seperti antara sesama pebisnis, pemerintah dan rakyat, dsb.
·       Universality (mendunia), internet dapat membuat siapa saja mendunia. Dengan kata lain, apa yang bisa diakses di suatu belahan dunia pun bisa diakses di belahan dunia lainnya.
·     Network Externalities (memperluas jaringan), ini penting karena semakin banyak teman, kolega, rekan, dan kenalan lainnya, maka akan semakin kita bisa mengembangkan diri.
·         Disribution Channel, tugas-tugas dapat didistribusikan melalui internet.
·         Time Moderator, internet mampu memperpendek atau bahkan memperpanjang waktu.
·         Information Asymmetry Shrinker, saling share informasi dapat dilakukan melalui internet.
·       Infinite Virtual Capacity (kapasitas virtual tak terbatas), Anda dapat berteman dengan orang sebanyak apapun, mengupload foto dan video sebesar apapun.  
·        Low Cost Standard, Pembiayaan Internet jauh lebih murah dibandingkan dengan komunikasi jarak jauh lainnya.
·     Creative Destroyer, di satu sisi internet sangat membantu dan lebih praktis, di sisi lain internet perlahan tapi pasti akan membunuh media yang sudah ada seperti koran (diganti berita online), buku (diganti dengan e-book), surat-pos (diganti dengan e-mail), dll.

·        Transaction-Cost Reducer, kehadiran internet bagaimanapun dapat menekan biaya transaksi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar